Toko Buku Online Terpercaya Sejak 2015
0
0

KEUTAMAAN 10 HARI DI AWAL BULAN DZULHIJJAH

๐Ÿ“ KEUTAMAAN 10 HARI DI AWAL BULAN DZULHIJJAH

Catatan dari Dauroh bersama Syaikhah Huwayda Abdul Jawwad ุญูุธู‡ุง ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

Sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah adalah hari yang agung, hari-hari terbaik. dimana Allah bersumpah dengannya didalam Kitab-Nya, yang jika Allah bersumpah dengan sesuatu, maka hal itu menunjukkan akan urgensi dan agung manfaatnya. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

ูˆุงู„ูุฌุฑ ูˆู„ูŠุงู„ ุนุดุฑ

โ€œDemi fajar. dan malam yang sepuluh.โ€™ (QS. AL-Fajr: 1-2.)

Sahabat Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid, dan ulama salaf berpendapat bahwa ia adalah sepuluh awal Dzulhijjah. Ibnu Katsir mengomentari, โ€œItu yang benar.โ€ Tafsir Ibnu Katsir, (8/413).

Amalan di hari-hari ini dicintai oleh Allah Subhanu wataโ€™ala berdasarkan sabda Nabi sallallahu alaihi wa sallam:

ยซ ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญู ูููŠู‡ูŽุง ุฃูŽุญูŽุจู‘ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ยป. ูŠูŽุนู’ู†ูู‰ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู. ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ยซ ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุจูู†ูŽูู’ุณูู‡ู ูˆูŽู…ูŽุงู„ูู‡ู ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑู’ุฌูุนู’ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูุดูŽู‰ู’ุกู ยป.

โ€œTidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).โ€ Para sahabat bertanya: โ€œTidak pula jihad di jalan Allah?โ€ Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menjawab, โ€œTidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.โ€œ
[ HR. Bukhari, At Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad ]

Makna hadits ini bahwasanya pahala seseorang yg memaksimalkan ibadahnya di hari-hari tsb lebih baik dari jihad fii sabiilillaah. Lebih besar dari itu, yakni setara dengan pahala seorang yang berangkat berjihad dng jiwa serta seluruh hartanya dan ia tidak kembali lagi (syahid).

Di hari-hari yg agung ini ada anjuran untuk ia ziarioh ke baitullah. Namun pada perkara ini tidak semua sanggup, maka Allah gantikan dengan dia melakukan amal ibadah di 10 awal Dzulhijjah.

Ada banyak Amal shalih yg bisa menggantikan haji nya dng memperbanyak ibadah di 10 awal julhijjah tsb.
Seperti kita ketahui apa itu ibadah ? Ibadah yaitu setiap apa-apa yg dicintai oleh Allah Subhanahuwa Ta’ala.

๐Ÿ“ DIANTARA IBADAH DI 10 HARI AWAL BULAN DZULHIJJAH:

1. Taubat Nasuha. Diantara ibadah di 10 awal Dzulhijjah yg paling utama adalah TAUBAT NASUHA yakni kembalinya seseorang pada Allah Subhanahuwa Ta’ala.

Ada beberapa syarat jika seorang hamba ingin taubatnya diterima, yakni:

1. Adanya penyesalan dari orang yg mengerjakan nya dan ia berjanji tidak melakukan nya lagi.
2. Jika berkaitan dng hak manusia , maka ia harus mengembalikan pada pemilik nya.

Allah begitu pengasih, sebanyak apapun dosa hamba tsb jika ia bertaubat maka Allah akan terima taubatnya. Tetapi ada dosa yang seseorang harus berhati-hati darinya yakni dosa kesyirikan.
Juga dosa yg tidak diampuni kecuali seseorang mengembalikan hak pada pemilik nya.

2. Melakukan Ibadah Haji.
Seseorang melakukan ibadah haji jika ia mampu untuk melakukan perjalanan menuju baitullah. Maka kesanggupan ini terkait dng harta dan kekuatan fisik , dimana ia memiliki kecukupan harta juga ia memiliki kemampuan dalam segi fisik.
Apabila seseorang tidak mampu disini ada amal yg bisa ia lakukan diantara nya ia berkurban, dimana berkurban ini sama atau semisal dng orang yg sedang berhaji.

3. Seseorang menjaga Perkara-perkara yang wajib baginya. Yakni perkara-perkara yg dicintai Allah. Apa contoh perkara yg diwajibkan bagi seorang hamba? Yakni Sholat wajib (Juhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Subuh), Puasa Ramadhan, zakat fitrah juga Haji ke Baitullah, berbakti kepada orangtua dan lainnya.

Selain itu seseorang mengerjakan perkara-perkara Sunnah untuk menyempurnakan ibadah wajibnya. Karena pada perkara yg Sunnah itu adalah bisa menyempurnakan kekurangan yg mungkin kita lakukan pada perkara wajib kita, misal kita sholat juhur, bisa jadi di sholat juhur itu kita tidak khusyuk, maka adanya qabliyah dan badiyah juhur ini bisa menutupi kekurangan-kekurangan saat ia sholat.

4. Memperbanyak dzikir dan dikhususkan disini Memperbanyak TAKBIR.

Para sahabat mengeraskan suara ketika Bertakbir. Disunnahkan menampakkan Takbir mereka supaya halayak ramai mengetahui bahwa ini sedang di sepuluh dzulhijjah agar kita Memperbanyak ibadah.

Kecuali perempuan, Tidak disunnahkan untuk mengeraskan suaranya. Cukup siir hingga hanya terdengar oleh dirinya sendiri.

Takbir dibagi menjadi dua macam :

* Takbir mutlak : Boleh dilakukan kapan saja di 10 hari awal dzulhijjah. tidak dibatasi dengan sesuatu. Disunahkan terus, baik pagi maupun petang. Sebelum maupun sesudah shalat. Pada setiap waktu.

* Takbir Muqayyad ( takbir yg ditentukan dng waktu ) yakni dimulai dipagi hari stelah sholat subuh di hari arofah hingga terbenamnya matahari di akhir hari tasyrik.

Hari-hari dibulan DZulhijjah (hari-hari yg ditentukan). Disini ulama membandingkan hari di bulan Ramadhan dan hari di sepuluhDzilhijjah ini manakah yg lebih utama?

Seperti diketahui bulan Ramadhan Allah memberikan nikmat kemudahan beribadah sebab syetan dibelenggu, sedangkan di dzulhijjah syetan tidak dibelenggu, jadi seseorang benar-benar berjihad dengan kesungguhan hatinya agar ia bisa melakukan ibadah , maka dsini perjuangan nya lebih besar, daripada di Ramadhan. Dengan sebab ini ulama mengatakan siang Dzulhijjah lbih utama.
Juga sebab adanya hari Arafah maka siang hari ini lebih utama, adapun malamnya maka malam 10 malam terakhir Ramadhanlah yang lebih utama daripada dzulhijjah, karena adanya Lailatul Qadar.

Maka ibadah yg dilakukan seseorang disiang hari di 10 hari pertama Dzulhijjah ini paling mulia bahkan lebih utama dari jihad.

5. Memperbanyak puasa di awal bulan Dzulhijjah.
Ibadah yang utama selanjutnya yaitu memperbanyak puasa. lebih ditekankan lagi di hari Arafah.

Keutamaan dari puasa Arafah:

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุตููŠูŽุงู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุฑูŽููŽุฉูŽ ุฃูŽุญู’ุชูŽุณูุจู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠููƒูŽููู‘ุฑูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉูŽ ุงู„ูŽู‘ุชูู‰ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉูŽ ุงู„ูŽู‘ุชูู‰ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ูˆูŽุตููŠูŽุงู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุงุดููˆุฑูŽุงุกูŽ ุฃูŽุญู’ุชูŽุณูุจู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠููƒูŽููู‘ุฑูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉูŽ ุงู„ูŽู‘ุชูู‰ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ู

โ€œPuasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.โ€ (HR. Muslim no. 1162)

Dan disunnahkan banyak mengucapkan dzikir yang banyak diucapkan para Nabi di senja hari Arafah.

ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู…ูŽุง ู‚ูู„ู’ุชู ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ูˆู’ู†ูŽ ุนูŽุดููŠูŽู‘ุฉูŽ ุนูŽุฑูŽููŽุฉูŽ : ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ุŒ ู„ูŽู‡ู ุงู„ู…ูู„ู’ูƒู ูˆูŽ ู„ูŽู‡ู ุงู„ุญูŽู…ู’ุฏู ุŒ ูˆูŽ ู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุดูŽูŠู’ุกู ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑ

โ€œKalimat utama yang aku dan para nabi ucapkan pada senja hari Arafah adalah: LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKA LAH LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA โ€˜ALA KULLI SYAI-IN QODIIR (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu).โ€
(HR. Ath-Thabrani)

Disyariatkan memperbanyak doa’ dihari arafah:

ุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ุฏูู‘ุนูŽุงุกู ุฏูุนูŽุงุกู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุฑูŽููŽุฉูŽ

โ€œSebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah.โ€ (HR. Tirmidzi,)

Niat puasa di awal Dzulhijjah yakni niat melakukan amal shalih.
Kecuali puasa Arafah, puasa Arafah niatnya khsusus, dan tidak bisa digabungkan dng puasa qada.

Apakah boleh berpuasa Qodho di awal Dzulhijjah? Boleh meng-qodho dihari-hari tsb, sebab seorang memang dianjurkan untuk banyak melakukan amal shalih, dan membayar qodho puasa adalah amal shalih.

6. Membaca Alqur’an. Dianjurkan menghantamkan AlQur’an di hari-hari awal julhijjah.

7. Berbakti kpada orangtua.

8. Seorang istri berusaha memperbaiki hubungan dng suaminya.

9. Berbuat baik dng karib kerabat dng teman tetangga.
Orang yg beriman dng hari akhir maka ia berusaha menyambung silaturahim. Orang yg ingin dilapangkan rizkinya maka hendaklah ia menyambung silaturahim.

Jika kita berbuat baik pada orang yang berbuat baik, (timbal balik ) maka pada perkara ini mudah seseorang melakukan nya, yang sulit itu ketika ada saudaranya memutus silaturahim, tidak mengajaknya bicara, maka kemudian kita menyambung nya, maka inilah yg disebut Al Washil ( menyambung silaturahim)

10. Sedekah
Hal ini juga amal yg utama, walaupun kalian bersedekah hanya dengan menampakkan wajah yg berseri-seri pada saudara mu.

11. Mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan dan meninggalkan perkara maksiat , ini pun ibadah.
Meninggalkan hal hal yg termasuk kemaksiatan ini pun adalah kebaikan. Menyibukkan diri dengan amal-amal kebaikan dll.

Allahu’alam Bisshawwab

โœ๐Ÿป Faedah Dauroh bersama Syaikhah Huwayda Abdul Jawwad ุญูุธู‡ุง ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

Ahad , 02 Juni 2024
Diselenggarakan oleh Akademi Tasheel Qism Indonesia

Anda mungkin menyukai

TADABBUR (HUKUM, ADAB DAN DAMPAKNYA)

Tadabbur (Hukum, Adab, dan Dampaknya) oleh Ustadzah Najah Sungkar hafidzahallahu ta'ala Kamis, 13 Juni 2024 09.19 โ€ข Allah…

KEUTAMAAN 10 HARI DI AWAL BULAN DZULHIJJAH

๐Ÿ“ KEUTAMAAN 10 HARI DI AWAL BULAN DZULHIJJAH Catatan dari Dauroh bersama Syaikhah Huwayda Abdul Jawwad ุญูุธู‡ุง ุงู„ู„ู‡…

NASEHAT BAGI PENUNTUT ILMU AL QUR’AN

Faidah dari Dauroh Akbar : Nasehat Bagi Penuntut Ilmu(Al- Qur'an) - Syaikhah Ruqoyyah Al-Hausawy Hafizhahallah Syaikhah membuka majelis…

NASEHAT BADA SUBUH

NASEHAT BADA SUBUH OLEH: UST. DR. SYAFIQ RIZA BASALAMAH hafizhahullah Jumat, 16 Zulkaidah 1445 H/ 24 Mei 2024…

TATA CARA HAJI

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู… Tatacara Haji Akhukum Fillah Marwan Hadidi, Makkah Al Mukarramah https://t.me/wawasan_muslim Rukunnya: ihram, wuquf di…

KISAH YANG MENGAJARKAN KITA UNTUK BERTAWAKKAL KEPADA ALLAH AZZA WA JALLA

โ”‰โ”โ”โ” โ ๏ทฝ โ โ”โ”โ” Kisah yang mengajarkan kita untuk bertawakkal kepada Allah Azza wa Jalla Imam Adz…
ร—

Menu

Copyright 2021 Omah Buku Muslim
Toko Buku Online Terpercaya Sejak 2015

Developed by Web Project

Keranjang Belanja

Tidak ada produk di keranjang.

Kembali ke toko

Omah Buku Muslim

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu

Lakukan pemesanan lewat WhatsApp

Silakan isi kolom dibawah ini untuk melakukan pemesanan produk, Biaya ongkos kirim akan di infokan melalui whatsapp